Ada berita bagus untuk temen-temen yang alergi kalau sering mandi alias males mandi.

ada sebuah penelitian baru yang mangatakan terlalu sering mandi malah berdampak tidak baik untuk tubuh, mari kita simak infonya.

Beberapa dokter kulit dan rambut menyatakan bahwa ternyata terlalu sering mandi juga memiliki dampak yang tidak baik apalagi jika setiap mandinya tersebut selalu mengenakan shampo dan sabun untuk keseluruhan tubuh dan rambut kita.

Dampak yang kurang baik jika terlalu sering mandi pada kulit

Dampak terhadap kulit adalah karena di kulit kita ada bakteri-bakteri baik dan bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Bakteri yang baik tersebut membantu sel-sel kulit kita untuk menciptakan sebuah antibiotik untuk melawan bakteri yang buruk atau jahat. Dengan hilangnya bakteri-bakteri "baik" karena sabun/shampo maka kulit kita akan lebih rentan terhadap gatal-gatal dan infeksi, tidak hanya itu saja penggunaan shampo dan sabun berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan cepat berkeriput. Efek tersebut juga dapat dikatakan relatif sama terhadap rambut kita. Rambut manusia itu terdiri atas serabut dan semakin sering serabut tersebut dicuci maka akan semakin rusak kelihatannya.


Seberapa Seringkah Kita Harus Mandi

Jika mandi terlalu banyak memiliki dampak yang buruk jadi seberapa seringkah kita harus mandi?Terlepas dari karena panasnya lingkungan, bau, kotoran, keringat, aktivitas, tipe kulit dan rambut, serta banyak lainnya, yang paling aman dikatakan adalah mandi 1 hari sekali itu tidak ada salahnya.
Yang harus diperhatikan adalah bagaimana penggunaan shampo dan sabun, jika kita adalah orang yang mandi lebih dari 1 kali dalam 1 hari pertimbangkanlah untuk mandi hanya dengan air bersih saja. Gunakanlah shampo dan sabun karena kebutuhan bukan kebiasaan. Sebagai contoh, jika Anda sudah merasa bahwa rambut Anda sudah terlalu berminyak, kotor, atau bau maka tidak ada salahnya Anda mengenakan shampo. Hal ini juga dapat dikatakan sama untuk sabun.
Tetapi ini semua tidak berlaku pada setiap orang, karena kembali sebagaimana dijelaskan di atas, jika ada orang yang menanyakan hal ini maka yang harus dilihat adalah siapa yang bertanya, bagaimana aktivitas mereka, tipe kulit mereka, atau lingkungan mereka.

 Saran dokter :

Bagi yang sering mandi, Dr. Zeichner menyarankan, jika kalian merasa mandi tersebut adalah hal yang wajib bahkan dua kali sehari mungkin, jika demikian, maka cukup bersihkan daerah-daerah yang kotor dengan kain atau lap. Bagian yang sering kotor itu biasanya antara lain, wajah, ketiak, bawah payudara, alat kelamin, dan bagian belakang tubuh, sela-sela jari, kuku, dan daerah telinga.+
Satu saran lagi, yang penting adalah pakailah baju baru setiap hari atau baju yang benar-benar bersih, karena kita lebih sering menumpahkan sesuatu di baju daripada di tubuh. Buat Anda yang sering mandi setiap saat, atau yang lebih dari dua kali dalam sehari, segera pertimbangkan saran diatas ya…

Semoga bermanfaat....
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 komentar:

bacaan menarik lainnya :

 
Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top